Jumat, 28 April 2017

Musim Kairo & Musim Ujian




Kairo, 27 April 2017--

Fuh. Nggak kerasa bulan April sisa 3 hari lagi. Musim dingin juga udah abis dari kemaren-kemaren. Tapi karena setelah musim dingin nggak otomatis langsung musim panas, bisa dibilang sekarang Kairo sedang masa transisi atau enaknya dibilang musim semi. Bunga udah muncul di mana-mana, cuaca juga standar nggak terlalu dingin ataupun panas. Ah, musim idaman emang.

Kalo udah cuaca gini, keluar siang-siang nggak perlu lagi make jaket tebel ataupun kaos kaki. Kalo malem sih kadangan masih dingin. Jadi buat tidur masih butuh selimut walau bukan selimut yang tebel-tebel lagi.

Biasanya, di saat udah pergantian musim gini, tandanya udah mau ujian Azhar. Misalnya masuk musim dingin itu tandanya menjelang ujian term satu (antara akhir Desember atau awal Januari), seterusnya masuk musim panas menjelang ujian term dua (antara akhir April atau Mei).

So, karena ini udah mau masuk musim panas, berarti sebentar lagi ujian. Yups. Ujian term 2 Azhar bakal dimulai dari awal bulan Mei nanti. Fuh. Masa-masa yang bakal menguras otak dan tenaga. Apalagi selama ujian nanti udah masuk ke bulan Ramadhan juga. Ujiannya dobel. Nahan panas dan nahan laper. Mantaf.

Tanggal ujian di Azhar tuh beda-beda. Nah, kalo aku --kuliah Syari'ah Islamiyah-- dapet jadwal ujian dari tanggal 16 Mei nanti untuk ujian lisannya (syafahi) dan 21 Mei - 14 April ujian tulis (tahriri) dengan jumlah 8 matkul yang diuji.

Jadwal Ujian Tulis
Kalo udah bahas imtihan gini, bawaannya badan dan otak jadi panas-dingin sendiri. Apalagi kalo selama beberapa bulan kemaren belum nyiapin diri. Dan jujur aja, aku termasuk kategori pelajar yang susah banget ngatur jadwal belajar untuk pelajaran kuliah kalo belum deket masa-masa ujiannya --Jangan Ditiru!

Aku juga bingung sih kenapa gitu. Ini penyakit udah akut dari masih di pondok dulu. Semangat belajar tuh baru muncul dan menguat kalo udah masuk masa-masa ujian. Terutama malam sebelum ujian. Rela begadang malahan.

Walau aku udah sadar banget pola belajar gini sangat amat nggak efektif, hal ini terus berlanjut sampe sekarang. Ya, sampe sekarang. (Alhamdulillahnya aku "cuma" sekali kena getah dari tipe belajar gini --dan sekarang belum kapok. XD).

Memang pada umumnya banyak pelajar yang make cara belajar gini --biasanya disebut SKS (Sistem Kebut Semalam)-- dan lulus terus. Tapi cara itu amat beresiko karena kita bakal main di ranah "nasib-nasiban".

Contoh: Mata kuliah A yang bakal diuji total 7 bab dimulai dari Bab I - Bab VII. Kita semua tau biasanya soal yang keluar nantinya nggak bakal semua detail dari ke-tujuh bab itu. Pasti ada beberapa sub-judul yang nggak masuk. Nah, di sinilah otak kita bermain --karena dalam 1 malam bisa dikatakan nggak mungkin bisa mempelajari semua bab itu sekaligus, kita pun coba menebak-nebak judul mana aja yang bakalan keluar.

Nah, dari main "tebak-tebakan" inilah kita masuk ke ranah "meramal" soal dan "nasib-nasiban". Misal yang mampu kita pelajari (baca: kejar) dalam semalam hanya 3 dari 7 bab itu dan besoknya 3 bab itu keluar semua dari 4 bab yang masuk di soal, berarti kita beruntung. Masalahnya ada di sebaliknya, jika kita belajar 3 bab dan ternyata yang masuk soal itu dari 4 bab di luar yang kita pelajari semalaman. Ngenes banget. Udah begadang sampe pagi ternyata nggak satu pun yang kena uji. Nasib.

Yah, begitulah efek samping kalo belajar SKS. Beda banget dengan yang udah nyiapin belajar dari jauh-jauh hari yang pastinya udah nyicipin 7 bab itu semua. Kalo aku sih walau nggak belajar dari jauh hari, nggak juga sampe SKS gitu kecuali kadang-kadang pas kambuh. Heh.

Tapi dan tapi, terkadang yang belajar dari jauh hari nilainya nggak lebih baik dengan yang belajar hanya pas udah masuk masa ujian. Kalo ditanya "kenapa"? --Kita nggak bahas untuk yang emang otaknya jenius ya-- jawabannya adalah STRATEGI. Yups, strategi atau metode belajarnya.

Kalo kasusnya kayak paragraf di atas, masalahnya bisa jadi dari si pelajarnya. Karena ada emang orang-orang yang rajin belajar tapi cuma rajin doang tanpa tau strategi belajar yang baik gimana. Jadi mungkin kalian pernah denger istilah "Bukan hanya belajar keras, tapi belajar cerdas".

Orangnya rajin sih tapi nggak bisa memperhitungkan, nilainya bisa jadi di bawah orang yang belajarnya cuma sesekali tapi penuh strategi dan perhitungan. Karena orang rajin kadang hanya sibuk dengan kuantitas belajar atau "pokoknya aku harus belajar terus tiap hari". Padahal yang dicari bukan selalu kuantitasnya tapi kualitas.

Tapi, sayangnya istilah di atas tadi malah sering dijadiin tameng buat yang suka males-malesan belajar. Kalo ditegur buat belajar dijawabnya "haleh, yang penting tuh bukan belajar keras tapi belajar cerdas". Yang gitu karena biasanya orang banyak ngira belajar cerdas itu belajar yang nggak perlu rajin-rajin. Yah padahal nggak gitu juga.

Jadi yang gimana?
Belajar yang ber-strategi itu yang belajarnya dengan senang hati. Bukan karena terpaksa. Soalnya perasaan itu mendukung banget untuk ngehasilin belajar yang baik. Kalo emang udah boring setelah ngehabisin satu judul pelajaran, bisa diselingi dengan hal lain yang bisa ngebalikin mood-nya lagi. Main game misalnya. Baru abis itu balik belajar lagi nanti. Dengan gini, sedikit demi sedikit kita bisa ngerubah pola pikir yang bilangnya kalo belajar itu selalu nyebelin.

Kalo aku sih biasanya, kalo udah ngabisin beberapa halaman pelajaran, aku nyoba ngasih reward ke diri sendiri dengan makanan. Jadi abis belajar aku turun beli makanan yang banyak. Atau juga pas belajar itu sendiri sambil ngunyah cemilan. --Jadinya malah banyak ngemilnya daripada belajarnya. Haha. Tapi bagiku itu it's ok. Emang aku bisa jadi lebih boros 2x lipat dari biasanya kalo lagi masa-masa ujian.

Nah, dengan pola belajar gini, belajar bagiku bisa jadi nyenengin. Karena setiap abis belajar bisa jajan yang enak-enak. Jadi ada motivasi lain selain niat belajarnya biar dapet nilai bagus doang.

Terus juga, belajarnya jangan di kamar terus.
Yuk cari tempat-tempat yang menurut kita enak dipake belajar dan nggak ngebosenin. Kalo Masisir (istilah Mahasiswa Indonesia di Mesir) sih biasanya yang aku tau lebih sering milih belajar di Masjid atau kafe. Kalo aku mah fleksibel. Di luar kamarnya bisa di mana aja asal sejuk dan nggak terlalu rame.

Di pondok dulu aku biasanya belajar di teras kamar atau pojokan asrama, bahkan ke vila belakang pondok yang emang bebas dijadiin tongkrongan. Biasanya juga di Masjid lantai 2 karena emang jarang dipake temen-temen yang lain pas belajar malem. Atau juga belajar sambil jalan.

Nah, itu opsi tempat selain di kamar. Karna kalo belajar di kamar, bawaannya pengen nyantai terus dan pengen tidur.
zZZ...

Terus juga, buatlah rangkuman pelajaran / catatan penting.
Rangkuman ini bener-bener ngebantu dan memudahkan. Karena dengan kita ngebuat rangkuman, kita nggak harus selalu buka buku-buku pelajaran yang tebel itu. Cukup dengan buka catatan rangkuman kita pun langsung tau permasalahan dan jawaban, juga lebih efisien dalam waktu terutama kalo udah di saat ujiannya tinggal hitungan jam lagi. Fiuh.

Kalo kita di sini sih biasanya emang selalu make rangkuman belajarnya. Kalo nggak buat sendiri atau buat bareng, kita beli punya orang lain. Haha. --Saking niatnya.
Malahan kalo aku, dari rangkuman yang udah ada, aku rangkum lagi. Ckck. Saking pengen simpelnya. --Jangan Ditiru.

Terus juga, kata kakak seniorku di sini beberapa waktu lalu, beliau nyampein, hal yang juga penting saat belajar itu a'rif nafsak. Atau ketahuilah dirimu sendiri. Kalo udah, fatanjah, maka kamu akan berhasil.

Bisa disimpulin dari kalam beliau, kita tuh harus tau batasan diri kita se-mana. Misal, kalo nggak sanggup menghafal dalil fiqih --karena aku anak Syariah yang butuh banyak ngehafal-- yang sebegitu banyaknya hanya dalam satu waktu, berarti butuh lebih dari itu waktu belajarnya. Jangan paksa dalam satu waktu itu. Tapi ya kalo sanggup, ahlan.

Atau kalo emang nggak bisa belajarnya sendiri karena matkulnya sulit ya ayok gabung belajar dengan yang lain.

Kalo aku sih, biasanya agak susah kalo hadir bimbel buat dengerin penjelasan dari ustadznya di antara orang rame. Susah dapet fokus. Jadi solusinya penjelasan beliau aku rekam, dan dengerin lagi pas belajar sendiri. Enaknya punya rekaman tuh penjelasannya bisa di-replay berapa kali pun yang aku mau sampe paham. --dan ujung-ujungnya aku ngangguk-ngangguk sendiri.

Jadi intinya harus tau kemampuan diri gitulah.
Eh, kok jadi sok ngajarin gini ya. Haha. Padahal akunya juga masih "angin-angin"an.
Tapi yah semoga kalian yang baca nggak ngerasa kayak di"guru"i ya. Niatnya cuma berbagi kok. Untuk koreksi diri sendiri juga. Serius.

Ya udah itu aja kayaknya tulisan kali ini.
Semoga kita yang ada ujian, ujiannya dilancarkan dan dapet nilai yang terbaik seperti yang diharepin. Aaamiin. Saling mendoakan ya. Jadi, mohon doanya juga dari kalian yang baca.

.
.

*pertama nulis ini tadi niatnya cuma mau curhat soal musim di Kairo yang udah berubah aja. Ujungnya malah bahas imtihan. Hahah. Nggak papa lah ya.


Ahmad Rofiq

Author

Seorang mahasiswa biasa di Universitas al-Azhar Kairo

0 komentar:

 
biz.