Pemandangan di luar mahattah Sakiet Mekky |
Jum’at, 4 Maret 2016-
Yuhu. Gimana kabarnya temen-temen? Sehat yaa sehat yaa. Kalian
tau, asiknya Kairo belakangan ini tuh kalo kita keluar rumah, udah nggak mesti
make jaket tebel lagi. Dalam artian… yups, musim dingin bisa dibilang
udah berakhir.
Yah, tapi belum bisa dibilang udah masuk musim panas juga sih. Soalnya walau kadang cuaca kerasa panas, tapi angin dinginnya juga kenceng. Jadi kalo keluar rumah tetep make jaket tapi pakenya yang tipisan, antisipasi aja. Kali kan pas udah sorean ampe malemnya cuaca balik dingin lagi. Singkatnya tuh, musim pancaroba lah. Haha. Ribet amat bilangnya dari tadi ya.
Yah, tapi belum bisa dibilang udah masuk musim panas juga sih. Soalnya walau kadang cuaca kerasa panas, tapi angin dinginnya juga kenceng. Jadi kalo keluar rumah tetep make jaket tapi pakenya yang tipisan, antisipasi aja. Kali kan pas udah sorean ampe malemnya cuaca balik dingin lagi. Singkatnya tuh, musim pancaroba lah. Haha. Ribet amat bilangnya dari tadi ya.
Dan… alhamdulillah hari ini cuacanya juga cerah kayak
kemaren-kemaren. Pas banget buat keluar rumah.
Agendaku hari ini adalah ikut kegiatannya Sahah Indonesia.
Hm.. jelasin singkat dulu kali ya tentang Sahah ini. Sahah
itu kalo diartiin bisa dibilang kayak ‘aula’, atau ‘flat’ gitu. Nah kenapa bisa
bernama Sahah Indonesia itu karena ceritanya, mahasiswa Indonesia di Mesir
(Masisir) diberi kepercayaan oleh beberapa masyayikh Azhar untuk
mengelola sebuah flat yang berada di belakang masjid Azhar, untuk
kegiatan-kegiatan yang bersangkutan dengan kajian keilmuan dan keagamaan
Masisir. Jadi flat ini dijadiin tempat belajar agama tambahan selain dari Azhar
untuk Masisir. Yah, begitulah singkatnya.
Nah, para asatidz Sahah ternyata punya kegiatan outdoor
juga. Kita pun diajak untuk silaturrahim dan menimba ilmu ke suatu tempat
di daerah yang bernama ‘Umroniyya.
Tempat yang akan kami kunjungi ini adalah sebuah markaz
tahfidz yang bukan markaz tahfidz qur’an biasa. Markaz ini adalah sebuah ma’had
yang melahirkan para huffadz, penghafal al-Qur’an sejak masih kecil
banget. Yaitu anak-anak kecil usia 3-6 tahun. Wiih… sakti banget kan?
Oke, kita mulai diary ceritaku tentang kunjungan kali
ini.
Sekitar pukul 10 pagi aku bareng beberapa temen dari Rumah
Syariah udah siap-siap mau berangkat. Tujuan pertama kami adalah daerah Ramsis.
Ntar para mahasiswa lain yang mau ikutan bakal start berangkat bareng
dari sana dengan asatidz Sahah.
Pukul 11 siang, kami pun turun ke bawah tanah. Yups,
untuk perjalanan kali ini kami bakal naik kereta bawah tanah atau kalo di sini
masyhurnya disebut metro. Perkiraan sampe di tempat tujuan adalah setengah jam.
Terus ntar jalan kaki ke lokasi 15 menitan.
Nah ini rute metronya. Start dari yang di lingkaran biru sampe yang di lingkarin merah. |
Kami stop di stasiun yang bernama Sakiet Mekky. Melewati
stasiun Giza tempat bangunan Piramid berada.
Alhamdulillah perjalanan lancar nggak pake macet. Ya kali
bro kereta pake macet. Haha.
Udah sampe di stasiun yang dituju, kami pun lanjut jalan ke
lokasi. Hm.. lokasinya emang nggak terlalu jauh sih dari stasiun. Iya, nggak
jauh.
Saat belum sampe bener ke lokasi, ternyata azan Jum’at berkumandang.
Kami ke Masjid dulu. Nama masjidnya Masjid el-Umroniyya. Sama ama nama
tempatnya.
Yah, karena bagian dalemnya udah penuh, aku pun ikutan saf
jamaah di teras depan masjid. Jadi nggak keliatan siapa yang khutbah.
Abis jum’atan, ternyata kami nggak langsung lanjut jalan.
Kata ustadznya ikutan dengerin ceramah di dalem masjid dulu.
Ditelisik sebentar, ternyata yang ceramahnya sama dengan yang
khutbah tadi. Akhirnya keliatan juga wajahnya. Perawakannya khas orang mesir. Plus
beliau make peci merah putih Azhar. Ceramahnya seru. Intonasinya main
banget, ditambah tangannya yang selalu mengisyaratkan apa yang disampein. Orang
mesir banget. Sayang ada beberapa kalimat beliau yang aku nggak faham. Eh,
banyak sih. Haha. Beliau ceramahnya make bahasa ’amiyah mesir soalnya.
Cepet pula. Tapi singkatnya, aku lumayan banyak nangkep kata-kata hikmah dari
tausiyah beliau. Salah satunya yang dulu pernah kudenger pas di pondok yaitu, al-‘ilmu
yu’taa wa laa ya’tii. Atau bisa diartiin, ilmu itu didatengin bukan dianya
yang dateng.
Nah, abis puas dengerin siraman rohani dari beliau, kami pun
lanjut ke lokasi markaznya.
Lokasinya ternyata di selewatan jalan kami ke masjid tadi.
Yaelah.
Dan kami pun sampai. Lokasinya ternyata ada di lantai sutuh,
paling atas sebuah gedung. Gedungnya sederhana banget. Punya 6 lantai.
Cukuplah ngelatih otot kaki sebentar.
Lumayan banyak yang nyambut, dan ramah-ramah. Nggak lama abis
kami masuk, seorang syekh masuk juga bareng anak kecil. Lah, ternyata syekh
yang ceramah tadi yang kami kunjungi sekarang. Nama beliau adalah Syekh Dr.
Ibrahim Amiin. Nggak pake lama juga kami akhirnya nyusun barisan duduk
mengitari beliau.
Abis bincang santai sebentar, acaranya dimulai. Pertama-tama
dibuka dengan shalawatan dan nasyid-nasyid memuji Rasulullah SAW dulu. Munsyid
pertama dari Masisir namanya Kholiq. Terus lanjut ke munsyid dari Mesir, kalo
nggak salah namanya Bashim. Terus lanjut lagi ke munsyid dari Masisir namanya
Falih. Wiih, suara mereka bagus banget. Apalagi nama yang terakhir. IMO.
Sebentar setelah itu, kami disuguhkan makanan. Alhamdulillah.
Haha. Syukur banget ternyata ada makan beratnya juga. Soalnya tadi pagi aku cuma
makan tho’miyah 2 biji. Ckck.
Makanan yang disuguhkan juga lumayan. Daging bro. Plus ada
dan lain-lainnya yang aku nggak tau namanya apa. Haha.
Baru abis itu acara lanjut lagi, syekhnya bicara. Aku bakal
nerjemahin semampuku. Maaf banget kalo ada yang salah artian.
Di mukadimah beliau mulai dengan memuji Allah SWT dan
shalawat, kemudian berdoa semoga dilimpahkan keberkahan untuk al-Azhar,
Indonesia, dan Malaysia –ada beberapa mahasiswa Malaysia yang juga ikutan.
Beliau juga berdoa semoga kita ditanamkan rasa cinta kepada al-Azhar dan Islam
dan semoga bertambahnya generasi-generasi pejuang islam dari yang hadir. Aamiin
yaa Rabb. Dan banyak lagi doa-doa lainnya.
Beliau juga tawadhu’ dengan bilang “isma’ minnaa wa laa
tasma’ ‘annaa” atau secara pemahamannya sama dengan “unzhur maa qaala wa
laa tanzhur man qaala”. Bisa diartiin dengan “Dengar/lihatlah dari apa yang
disampaikan, jangan lihat siapa yang menyampaikan”.
Kemudian beliau lanjut dengan menceritakan sirah para
sahabat, juga menyampaikan pentingnya tarbiyatun nafs, membangun rumah
tangga yang baik dan membina serta mendidik anak. Enaknya penyampaian beliau
itu, beliau nggak lupa untuk menyisipkan hal-hal yang membuat para hadirin
tertawa. Dan ekspresi beliau benar-benar hidup.
Nah lanjut, dalam berbagai penyampaian beliau tentang
tarbiyah tadi, beliau menekankan lagi pada tarbiyah al-Qur’an dalam rumah
tangga.
Beliau juga menyampaikan tentang awal dulu saat beliau berkeinginan
membangun markaz ini berawal dari melihat anak-anak kecil sekarang yang hanya
disibukkan dengan komputer, berbagai kartun, dll. Beliau ingin di waktu keemasan
seorang anak ini diisi dengan menghafal al-Qur’an. Hingga akhirnya beliau
mendirikan markaz untuk anak-anak menghafal Qur’an ini. Dan benar saja, sesuatu
yang awalnya diragukan dan tidak dipercayai ini, benar-benar berhasil
menciptakan anak-anak kecil berumur 3-6 tahun sudah khatam al-Qur’an.
Subhanallah.
Dalam kesehariannya, anak-anak ini dididik dengan dibuatnya nizham
atau aturan sehingga mereka bisa disiplin dalam waktu.
Oke, langsung masuk nih ke hal inti yang orang-orang ingin
ketahui.
Mereka dibangunkan setiap harinya pada pukul 4 pagi untuk
menghafal, dan pukul 3 siang baru boleh pulang ke rumah. Atau singkatnya waktu
mereka dibagi dua, setengah hari untuk al-Qur’an, setengah harinya lagi untuk
keluarga.
Atau lebih rincinya lagi beliau menyampaikan, mereka mulai
menghafal dari pukul 4 pagi sampai pukul 8 pagi -selama 4 jam (Halaqah pertama).
Kemudian mereka diberi istirahat selama setengah jam untuk makan, minum, dll,
kemudian lanjut lagi dari pukul 8 setengah hingga 12 setengah siang hari
(Halaqah Kedua). Kemudian istirahat lagi sebentar, dan lanjut belajar ilmu hadhanah
(Nggak mudeng belajar apa ini. Hehe. Tapi kayaknya ini pelajaran tambahan
kayak belajar huruf, angka, dll gitu). Nah belajar ini selama sekitar 2 jam atau
2 jam setengah.
Banyak orang yang nggak percaya dengan sistem ini, tapi
masyaallah ternyata bisa. Malah beliau bilang, anak-anak itu yang kadang
ngebangunin pengasuhnya dari ketiduran pas waktu mereka menghafal pagi. Haha.
Abis dari penyampaian singkat dari beliau, beliau ingin selanjutnya
dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dari para hadirin, agar lebih tersampaikan
apa yang ingin diketahui dari para hadirin tersebut.
Pertanyaan pertama: Apakah ada perbedaan antara cara menghafal anak-anak dengan
cara menghafalnya orang dewasa.
Jawaban beliau:
Anak-anak biasanya menghafal dengan metode talqin, atau
mereka dibacakan ayat oleh pembimbing –karena mereka belum diajari membaca dan
menulis sehingga tidak bisa dengan metode selain itu. Dan cara menalqinkan
mereka juga tidak langsung se-ayat panjang, namun sedikit-sedikit dulu hingga
sempurna hafal satu ayat, kemudian diulang-ulang.
Juga, mereka mulai menghafalnya dari juz 30 terlebih dahulu.
Dan itu juga dimulai dari surat paling akhir. Yaitu dari surat an-Naas dan
lanjut hingga an-Naba’. Setelah juz 30 juga gitu, lanjut ke juz 29, kemudian
juz 28, dan seterusnya begitu hingga tamam seluruh al-Qur’an.
Adapun untuk selain anak-anak, tentu tidak terbatas dengan
metode talqin itu saja.
Pertanyaan kedua: Penanya minta dikenalin sama anak kecil yang duduk di
samping syekh.
Nah, anak kecil ini, yang dari awal masuk tadi di samping
syekh, namanya Muhammad –aku nggak tau nama panjangnya siapa. Heh. Anaknya
masih kecil banget. Mungkin kisaran umur 3-4 tahun.
Anaknya kayak malu gitu. Haha. Kalo ngomong kecil banget
suaranya.
Jadi syekhnya ambil inisiatif dengan menguji hafalannya. Beliau
tes secara acak dari juz-juz 20an. Dan masyaallah. Hafalannya lancar. Kagum
banget. Abis tuh dipuji-puji tambah malu dia. Haha.
Pertanyaan ketiga: Bagaimana membuat anak-anak bisa mengetahui atau mengatasi
ayat-ayat mutasyabih (ayat-ayat yang punya kemiripan dengan ayat-ayat
lain dalam al-Qur’an)
Jawaban beliau:
Yaitu dengan ditatsbitkan. Atau maksudnya
membuat anak itu bisa menetapkan posisi-posisi ayat-ayat mutasyabih tersebut.
Misal, anak tersebut tertukar dengan ayat lain yang mirip, nanti pembimbing
akan mengingatkan kalo ayat yang itu posisinya bukan di surat yang ini, tapi dia
di surat yang itu. Dan anak itu coba mengingat kesalahannya. Kemudian kalo
tertukar lagi, diingatkan lagi, begitu berulang-ulang sampai anak itu tahu
posisi ayat-ayat mutasyabih itu dimana saja. Begitupun sama dengan
sering tertukarnya huruf seperti ‘waw’ menjadi ‘fa’, karna anak-anak hanya
diajari menghafal saja bukan pamahaman ayat, maka mereka akan terus diingatkan
dan nanti seiring bertambahnya umur mereka, mereka memahaminya sendiri dan
tidak lagi tertukar.
Pertanyaan keempat: Berapa lama waktu yang dibutuhkan Muhammad dalam menghafal
1 juz al-Qur’an
Jawaban beliau:
Biasanya Muhammad dan anak-anak lain dalam
sehari menghafal setengah sampai satu halaman. Satu halaman lah. Dan seiring
berjalannya hari, mereka yang sudah terbiasa dan tambah banyak waktu
menghafalnya, dalam sehari mereka bisa menghafal hingga satu halaman setengah.
Jadi bisa dikatakan mereka menyelesaikan satu juz (satu juz=20 halaman) selama
20 hingga 25 hari. Dan pada prakteknya, jika anak-anak itu merasa sudah capek
atau ketiduran, mereka diajak bermain sebentar sekitar 5 menitan, namun
bermainnya tetap ada unsur menghafalnya.
Pertanyaan kelima: (Ini pertanyaannya cuma minta kejelasan lagi dari syekh
tentang apa yang disampaikan syekh tadi, dianya masih kurang jelas. Jadi cuma
pengulangan penyampaian yang di atas)
Pertanyaan selanjutnya (orang yang sama): Berapa anak yang sudah menyelesaikan
al-qur’an dari markaz ini (Dia nanya make kata khirrijiy, atau bisa
diartiin lulusan gitu. Kalau lulus dari sana kan bisa diartiin juga dengan
dianya udah hafidz Qur’an)
Jawaban beliau: Ratusan.
Ditanya lagi: Nggak ribuan?
Jawaban beliau:
Nggak kalo ribuan. Soalnya berita tentang
markaz ini tidak begitu tersebar luas dengan baik. Dan masih banyak juga yang
meragukan tentang anak kecil umuran balita udah hafal Qur’an. Atau ragu anaknya
bisa setiap hari bangun dan mulai menghafal dari 4 pagi, dll. Dan juga beliau
minta orang tuanya mendukung anaknya agar datang menghafalnya tidak
bolong-bolong, sehingga tidak susah dan juga tidak mengganggu pikiran
teman-temannya karena hal itu.
Pertanyaan selanjutnya: Bagaimana dengan anak-anak yang bukan dari arab, atau bukan
anak-anak yang sehari-harinya terbiasa dengan bahasa arab bisa mengikuti atau
menghafal sejak balita. Kan kalo anak-anak dari arab mungkin tidak sesusah
anak-anak yang bukan dari arab sehingga mereka mampu untuk menghafal sejak
balita. Sedangkan yang bukan dari arab mungkin agak susah.
Jawaban beliau:
Tidak juga. Mungkin memang ada pengaruhnya.
Tapi apa kamu ngelihat di sekitarmu di sini semua hafal qur’an hanya karena
mereka terbiasa mendengar perkataan arab? Bahkan ada juga profesor arab yang
tidak hafal Qur’an. Apa kamu juga nggak bicara dalam bahasa arab? Ya, jadi itu
tidak terlalu berpengaruh pada hakikatnya. Tapi jika kau punya waktu untuk
menghafal, maka kamu bisa hafal. Tidak penting kamu kecil atau besar.
Kemudian lanjut beberapa pertanyaan ringan tentang Qur’an dll.
Karna udah capek nulisnya, haha, pertanyaan selanjutnya ini nggak aku tulis ya.
Soalnya juga nggak bahas tentang menghafal lagi.
Setelah udah nggak ada yang nanya-nanya lagi, berhubung azan
ashar sudah berkumandang, kami pun shalat ashar berjamaah.
Kemudian abis shalat ada ngobrol-ngobrol bentar,
nasyid-nasyid lagi dikit, abis tuh foto bareng, kemudian pulang.
Bersama Syekh Dr. Ibrahim Amiin |
Yah, akhirnya selesai sudah ngambil ilmu dari tempat ini.
Semoga lah nanti bisa menerapkan ilmu-ilmu yang di dapat ini untuk ngebangun
keluarga Qur’an nanti. Cieee omongannya udah nyampe bina keluarga. Haha. Ya
nggak papa lah kali ya. Kali aja dikabulin. Aamiin.
Tapi tentunya sebelum berfikiran untuk membangun keluarga Qur’an
seperti itu, kitanya juga udah harus mulai dari diri sendiri dong untuk deket
dengan al-Qur’an. Nah, kalo udah, cari pasangan yang juga bisa berjuang bareng
untuk ngebangun keluarga Qur’an. Eaa. Hahaha.
Ya udah, itu aja sharing ceritaku kali ini. Beberapa
perkataan syekh tadi ada yang kurang atau nggak aku sampein di tulisan ini –ilmu
terjemah ‘amiyah aku nih yang belum kesampaian. Haha. Dan juga ada
beberapa perkataan yang aku tambahin biar bisa lebih dimengerti, tapi
insyaallah nggak ngerubah maksud dari apa yang syekh sampein, insyaallah.
Dan kami pun pulang, balik lagi ke Kairo naik metro.
Perjalanannya sama kayak pas pergi tadi.
Oke deh, itu dulu ya. Semoga bermanfaat, dan sampai ketemu
lagi di ceritaku selanjutnya. Jangan bosen. Haha.
1 komentar:
3 thinkpad x1 titanium - TiGanium Art
3 concept ideas about titanium chain 3 design, 3 design, titanium bikes 3 titanium body jewelry design, 3 titanium forging concept, 3 titanium straightener design, 3 design.
Posting Komentar